Cara Penggunaan Konten Video Untuk Keperluan Affiliate Marketing

Penggunaan Konten Video Untuk Affiliate Marketing

Seperti kita tahu, sudah sejak lama jika penjualan dengan sistem affiliate atau lebih dikenal dengan “Affiliate Marketing” menjadi salah satu andalan dalam bisnis e-commerce yang semakin menggurita ini. Bahkan data yang terekam dari Google Trends menunjukkan bahwa pencarian kata kunci “affiliate marketing” mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini

Salah satu prinsip dasar dari pola penjualan dengan sistem affiliate ini adalah berdasarkan hasil kerja dari orang yang join dalam program tersebut. Artinya dia akan mendapatkan komisi sejumlah cash (uang), apabila terjadi konversi penjualan dari produk tertentu yang dipromosikan. Namun jika tidak ada konversi, maka tidak ada komisi yang didapatkan. Sebenarnya sangat sederhana, “you convert, you earn”. Anda menghasilkan, Anda dibayar.

Dengan sistem affiliate ini pula ternyata sangat membantu sekali dalam memperluas jaringan calon pembeli, sekaligus juga bisa meningkatkan brand dari vendor, corporate/perusahaan. Dengan beberapa benefit inilah, kini tidak heran jika semakin banyak brand-brand terkenal memanfaatkan pola penjualan dengan sistem affiliate ini.

Akan tetapi, untuk membuat sebuah program affiliate yang efektif dan efisien serta mampu memberikan dampak massive terhadap penjualan, Anda harus berpikit “out of the box”. Mengapa ? Karena banyak brand besar lain atau kompetitor Anda juga menerapkan sistem affiliate ini untuk meningkatkan omset dan profit mereka, sehingga ketika membuat program affiliate harus unik dan beda dari yang lainnya.

Nah, salah satu trik jitu dalam meningkatkan penjualan dengan sistem affiliate adalah dengan menggunakan konten audio visual yang cantik, elegan dan menarik. Yes, dengan video bisa menjadi andalan terbaik dan ujung tombak untuk membuat para calon pembeli (audience) saling berinteraksi, sekaligus meningkatkan potensi penjualan.

Faktanya, jaman sekarang orang akan lebih suka menonton video dibandingkan dengan membaca artikel/tulisan yang panjang. Bahkan diberbagai platform media sosial terkenal seperti facebook, instagram, twitter, youtube dll, konten video telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dan bisa menjadi sangat viral. Menurut WordStream, data menunjukkan ada sekitar 82% pengguna di twitter menonton konten video.

Jadi kesimpulannya adalah, jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari strategi penjualan dengan sistem affiliate ini, jangan lupa untuk selalu menggunakan konten video yang bisa menghipnotis audience Anda. Tidak percaya ? Silahkan dibuktikan sendiri !

Sekarang mari kita lihat beberapa keuntungan dan manfaat penggunaan konten video dalam pemasaran dengan sistem affiliate ini.

Peran Penting Sebuah Konten Video dalam Pemasaran Sistem Afiliasi

Konten video yang menarik ternyata memberikan dampak (impact) yang luar biasa dalam meningkatkan konversi penjualan Anda. Ada sebuah artikel yang diterbitkan di Forbes mengatakan jika 90% orang konten video suatu produk tertentu menjadi salah satu acuan dalam pengambilan keputusan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak. Hal ini berarti jika tidak ada konten video produk, maka yang akan terjadi adalah kehilangan omset penjualan produk tadi.

Tidak jarang data statistik menunjukkan bahwa penggunaan video sistem affiliate marketing ini mampu memberikan margin profit yang cukup besar, diantaranya yaitu :

Sekitar 50% orang menonton konten video yang berhubungan dengan produk atau jasa layanan untuk mengambil keputusan sebelum melakukan pembelian.

Menurut WordStream, 59% orang lebih suka menonton konten video daripada membaca teks/tulisan.

 

BACA INI JUGA : Cara Mudah dan Cepat Membuat Video Profesional Hanya Menggunakan Microsoft PowerPoint saja !

 

Jadi apabila dibandingkan dengan metode tradisional/manual, sangatlah penting menggunakan konten video dalam affiliate marketing agar bisa lebih banyak mengkonversi penjualan. Nah, sekarang Anda pasti sudah paham dan mengetahui manfaat dari konten video ini dalam pemasaran suatu produk tertentu dan kini saatnya mencari tahu lebih dalam bagaimana caranya !

Cara Menggunakan Konten Video dalam Strategi Pemasaran Afiliasi

Well, ada begitu banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam penggunaan konten video dalam memasarkan produk tertentu. Sebagai contohnya bisa dengan membuat Video Sales Letter yang memberikan informasi lengkap dan detail tentang produk yang dijual. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian audience dan memberikan awareness kepada mereka tentang manfaat produk ini yang hadir sebagai salah satu solusi akan permasalahan yang sedang dihadapi.

Selain itu, Anda juga bisa membuat chanel video YouTube yang bisa dijadikan sebagai portal untuk mengupload konten-konten video yang bermanfaat yang berkaitan dengan produk atau layanan jasa kepada audience Anda. Dalam kolom deskripsi berikan penjelasan yang lengkap dan mudah dipahami, sehingga akan meminimalisir timbulnya berbagai pertanyaan yang jawabannya sudah Anda tulis, sekaligus jangan lupa untuk menaruh link ke alamat website Anda agar apabila ada audience yang masih belum paham bisa langsung mengunjungi website Anda. Dan sebagai catatan pula bahwa konten video yang berisikan tanya-jawab (Ask and Question) dan review produk adalah salah satu  cara terbaik untuk lebih banyak menjangkau audience yang berpotensial.

Di era modern yang serba digital ini, membuat konten video tidaklah rumit dan mengeluarkan banyak biaya. Sudah banyak beberapa tool gratis yang tersedia secara online yang bisa membantu Anda dalam membuat konten video yang menarik. Dengan bantuan beberapa tool ini, Anda bisa membuat video yang professional dalam beberapa menit tanpa menguras isi rekening bank Anda.

Berikut beberapa platform yang memberikan kesempatan kepada Anda untuk meningkatkan penjualan dengan konten video marketing.

Affiliate Marketing Menggunakan Platform YouTube

Saat ini YouTube sebagai salah satu platform untuk berbagi konten video terbesar di dunia yang memiliki home based di San Bruno, California. Menurut sebuah laporan, ada sekitar 6 Miliar jam konten video yang ditonton melalui YouTube untuk setiap bulannya. Apakah hanya cukup sampai disitu ? Tentu tidak, platform YouTube juga sebagai mesin pencari terbesar kedua yang memiliki lebih dari 1 Miliar pengguna. Nah, melihat betapa besar potensi Youtube ini, maka bisa dijadikan media penjualan yang sangat efektif dan profitable, Anda tinggal membuat akun chanelnya dan sepenuhnya gratis. Dan dengan chanel YouTube ini Anda bisa mengatur dan mengupload secara rapi konten video yang bermanfaat, sehingga akan memberikan manfaat kepada pemirsa/penonton. Anda tinggal menambahkan link affiliate dalam video ataupun kolom deskripsi, hal ini sangat mudah seperti halnya menaruh link website yang sudah dibahas tadi.

Video Youtube untuk Affiliate Marketing

Beberapa tips yang akan membantu Anda menampilkan konten video di YouTube dengan cara yang tepat.

  1. Menempatkan link affiliate di video melalui anotasi

Karena tujuan awal mengupload konten video ini adalah mempromosikan link affiliate Anda, jadi pastikan telah menaruhnya di video melalui anotasi. Ini akan sangat membantu audience Anda untuk mengunjungi link tersebut itu kapanpun mereka inginkan karena sesuai pilihannya bisa di awal, pertengahan atau akhir durasi video.

  1. Jangan memandang sebelah mata kolom deskripsi

Kebanyakan audience/pemirsa akan selalu melihat ke kolom deskripsi untuk mengetahui informasi tentang konten video yang Anda upload. Jadi, ini adalah salah satu kesempatan terbaik untuk menaruh link affiliate ke dalam kolom deskripsi video tersebut. Sebagai catatan, terkadang tidak semua audience itu memperhatikan anotasi dalam video dan ini sangat penting untuk diperhatikan.

  1. Memberikan judul video yang mengandung “keyword”

Seperti kita bahas tadi bahwa, platform ini merupakan mesin pencari terbesar kedua didunia. Nah, oleh karena itu disarankan untuk memberikan kata kunci pada setiap judul video yang diupload tadi agar nantinya video tersebut mudah ditemukan audience ketika mengetikkan kata kunci dikolom pencarian. Ini tidaklah mudah karena begitu banyak kompetitor yang melakukan hal yang sama, tapi setidaknya ini akan membantu video agar mendapatkan jumlah viewer yang banyak. Ingat, semakin banyak viewer, maka akan memberikan potensi penjualan yang meningkat.

  1. Menambahkan video dalam playlist

Dengan mengatur dan menambahkan video dalam daftar putar (playlist) ini akan memberikan kemudahan kepada audience untuk melihat video-video kita lainnya, sehingga akan menambah jumlah tayang video. Semakin banyak jumlah tayang, maka semakin bagus video tersebut karena disukai oleh audience.

  1. Pastikan dashboard chanel YouTube terlihat professional

Tampilan dashboard yang elegan dan profesional tentunya akan memberikan kesan bahwa pemilik chanel dalam menggarap berbagai video yang ada sangat serius dan tidak main-main. Dan ini akan memberikan dampak positif kepada audience, sehingga mereka akan selalu menantikan video-video berikutnya dan setia kepada chanel Anda.

  1. Tambahkan cover video (thumbnail)

Menambahkan thumbnail pada setiap video yang kita upload akan menarik perhatian audience, selain judul yang terkadang mengandung “click bite”. Fungsinya apa ? Agar pemirsa /audience lebih mudah tertarik dengan video Anda dan betah berlama-lama untuk menonton video tersebut.

 

BACA INI JUGA : Komunitas Affiliate yang telah menghasilkan profit jutaan rupiah dengan formula dan strategi bisnis yang telah teruji.

 

Sebenarnya masih banyak lagi tips yang lain, tapi 6 poin diatas cukuplah untuk meningkatkan interaksi audience Anda.

Affiliate Marketing Melalui Platform Facebook Live

Sudah bukan rahasia lagi, jika fitur Facebook Live memberikan kesempatan kepada Anda memperkenalkan brand bisnis Anda dan bisa menjangkau lebih banyak audience yang potensial untuk meningkatkan omset penjualan. Dengan bantuan fitur ini, Anda dapat dengan mudah untuk mempresentasikan lebih lengkap mengenai personal diri Anda ataupun detail produk yang akan dipromosikan.

Facebook sangat membantu Anda dalam meningkatkan jangkauan pemirsa dan sekaligus mendapatkan feedback/interaksi yang cepat. Jadi ketika Anda “live”, maka akan memberikan notifikasi kepada teman-teman Anda, sehingga akan mendapatkan viewer yang lumayan banyak. Tentunya ada faktor lain juga yang mempengaruhi jumlah viewer ketika kita “live” seperti personal branding, konten video, cara berinteraksi dan berkomunikasi dsb.

Facebook Live untuk Affiliate Marketing

Dengan Facebook Live, Anda dapat membangun ikatan emosial yang kuat dengan audience, sehingga pada akhirnya akan membantu Anda dalam mendapatkan lebih banyak konversi penjualan. Selain itu pula, Anda juga bisa mengetahui produk atau layanan jasa apa yang sedang trending ataupun dibutuhkan oleh banyak orang.

Berikut ini adalah beberapa tips tentang penggunaan video untuk Affiliate Marketing melalui Facebook Live.

  1. Tutorial singkat

Tutorial atau panduan singkat tentang bagaimana cara kerja produk tersebut akan sangat membantu sekali terhadap audience potensial yang sedang menonton video live Anda. Sebagai contoh, jika Anda sedang mempromosikan produk digital sebuah tool/software, maka Anda bisa memberikan demo tentang bagaimana tool tersebut bekerja, tentunya dengan komunikasi yang persuasif, sehingga audience akan tertarik dan langsung membeli melalui Facebook Live tadi. Dan jangan lupa untuk menaruh link affiliate yang telah di pinned, agar orang yang melihat bisa langsung klik link tersebut.

  1. Berikan kesempatan untuk sesi tanya jawab (Ask & Question)

Tidak masalah, di bisnis mana Anda berada, audience Anda akan memiliki beberapa pertanyaan terkait dengan produk dan layanan yang Anda promosikan. Fitur Facebook Live dapat membantu Anda menjawab semua pertanyaan pengguna Anda secara nyata. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui pendapat orang tentang merk Anda dan jenis produk apa yang ingin mereka lihat di masa depan.

Sesi tanya jawab adalah cara terbaik untuk bekerja dengan audience Anda. Selain itu, berdasarkan opini yang Anda dapatkan dari audience, Anda dapat merencanakan promosi lebih lanjut dengan lebih baik.

  1. Promosikan Konten Anda

Terkadang, Anda tidak mendapatkan keterlibatan atau interaksi yang diinginkan pada postingan Anda. Namun, Anda dapat memanfaatkan Facebook Live untuk mempromosikan konten itu dengan membuat resume singkat dari apa yang Anda tawarkan.

  1. Berikan Ulasan Tentang Produk Anda

Anda dapat menggunakan Facebook Live untuk memberikan ulasan langsung tentang produk Anda. Jika Anda menjual produk fisik, Anda dapat menunjukkannya kepada audience Anda. Misalnya, Anda dapat membuat video tentang bagaimana produk akan menguntungkan dan memberikan benefit mereka. Selain itu, Anda juga dapat berbicara tentang detail spesifik produk Anda. Tidak hanya meyakinkan orang untuk membeli produk Anda tetapi juga membangun kepercayaan (trust).

  1. Acara Siaran / Live

Ketika Anda menjadi seorang affiliate marketer, penting bagi Anda untuk berpartisipasi dalam berbagai acara dan workshop untuk mempromosikan merk Anda. Anda mungkin sudah mengunggah video atau gambar pendek di situs media sosial Anda, tetapi Facebook Live dapat membuat perbedaan dan impact cukup besar. Anda dapat berbagi/sharing acara dan memberi tahu audience apa yang Anda pelajari di sebuah workshop tersebut.

  1. Interview dengan “Market Leader”

Jika Anda ingin melakukan upaya pemasaran satu langkah di depan, lakukan interview lebih mendalam kepada beberapa pemimpin pasar (Market Leader) di industri ini. Saat Anda melakukan wawancara dengan seseorang yang terkenal, audience mulai menunjukkan minat pada merek Anda.

  1. Promosikan Event Yang Akan Datang

Facebook Live adalah media yang bagus untuk membuat orang-orang mengetahui acara yang akan datang Anda. Jika Anda seorang pembicara atau menjadi tuan rumah sebuah acara, berikan audience Anda petunjuk tentang apa yang dapat mereka harapkan dari acara tersebut. Itu akan membuat mereka merasa istimewa dan pada akhirnya mengunjungi acara Anda. Untuk memastikan sejumlah besar orang menghadiri acara Anda, Anda dapat mengumumkan tiket masuk gratis (free tickets).

  1. Buat Hype untuk Produk Mendatang

Jika Anda akan meluncurkan produk baru, Facebook Live dapat membantu Anda mempromosikannya. Anda dapat merilis free trial yang akan menarik minat audience tentang produk. Anda bisa mengungkapkannya secara sekilas dengan tampilan lebih menarik. Dengan demikian orang yang tertarik akan mengunjungi Anda ketika Anda meluncurkan produk.

Nah demikian beberapa tips dan strategi yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan suatu produk/jasa layanan melalui Facebook Live.

Affiliate Marketing Melalui Platform Instagram

Instagram telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Ini telah berubah menjadi tools yang luar biasa bagi perkembangan bisnis untuk memasarkan produk atau layanan mereka melalui konten visual. Platform ini populer di kalangan generasi muda (millennial) karena Instagram yang ngetrend, ramah, kreatif, dan menyenangkan secara visual. Menurut survey yang dilakukan oleh Facebook, remaja dan dewasa muda memiliki pendapat positif tentang Instagram ini.

Instagram untuk Affiliate Marketing

Oke, sekarang mari kita cari tahu bagaimana seorang affiliate marketer dapat memanfaatkan Instagram.

  1. Buat Konten Video yang Menarik

Instagram memiliki TV Instagram yang disebut IGTV untuk mereka yang ingin memposting video berdurasi lebih dari satu menit. Ini sangat membantu Anda sebagai affiliate marketer untuk mengambil pendekatan yang lebih kreatif dalam mempromosikan bisnis mereka melalui video yang menarik.

Instagram hanya mengizinkan video berdurasi 60 detik pada postingannya, sehingga akan membatasi seorang affiliate marketer dalam membuat video berdurasi penuh tentang produk yang dipromosikan. Namun, dengan hadirnya fitur IGTV ini, mereka dapat membuat dan berbagi video panduan atau edukasi yang lengkap tentang produk dan layanan mereka.

Di IGTV, Anda dapat mengupload review lebih luas tentang produk yang Anda promosikan, sehingga akan membantu dalam meningkatkan interaksi, membangun follower loyal dan mendapatkan lebih banyak konversi.

  1. Cara Memilih Tools Untuk Membuat Video di Instagram

Selama beberapa tahun terakhir, Instagram telah tumbuh terlalu pesat. Anda tidak akan menemukan selebriti, influencer media sosial, atau blogger yang tidak memiliki profil di platform media sosial yang fantastis ini. Jadi, jika Anda berencana untuk menggunakannya sebagai alat untuk memasarkan merk Anda, tetap upgrade diri Anda dengan trend pemasaran afiliasi terbaru.

Ada banyak tools yang dapat Anda pilih untuk membuat video untuk affiliate marketing. Namun, disarankan untuk memilih tools profesional saja. Gunakan tools yang mendukung berbagai format video. Hal yang utama dalam memilih tools video adalah tentang cara penggunaannya yang mudah dan tidak ribet, sehingga user friendly bagi seorang pemula sekalipun. Pilih tools yang dapat membantu Anda membuat logo, promo video, tayangan slide di satu tempat saja.

Saat ini begitu mudah untuk mengintegrasikan video yang menarik ke dalam strategi affiliate marketing Anda, salah satunya berkat platform teknologi canggih seperti Youtube, Facebook, Instagram dll. Namun, untuk membuat video yang benar-benar dapat menarik perhatian audience, Anda harus memiliki kreativitas dan ide segar untuk membuat konten yang sebenarnya diinginkan audience Anda. Ingat, ketika Anda membuat video yang mengandung sisi emosional, sangat berpotensi sekali menjadi viral di internet dalam beberapa hari. Nah sebagai referensi untuk bisa membuat video profesional yang keren dan kekinian, Anda bisa juga mengunjungi Gallery Video karena siapa tahu ide-ide fresh muncul dari sana untuk membuat konten video yang kreatif, atraktif dan disukai banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *